Kamis, 04 November 2010

Terumbu Karang Masa Depan Anak Cucu Kita

Kekayaan alam bawah laut Indonesia khususnya terumbu karang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Indonesia sendiri merupakan negara yang luas terumbu karangnya sangat luas. Luasnya terumbu karang membuat terumbu karang dapat berkembang biak secara luas. Terumbu karang dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual. Adapun kriteria bertumbuhnya terumbu karang seperti suhu air laut, intensitas cahaya matahari, kadar garam air laut, namun disini yang paling penting agar bertumbuhnya karang secara baik yaitu intensitas cahaya matahari ini dikarenakan hewan atau alga yang berada diterumbu karang bisa dapat berfotosintesis.
Di Indonesia ada tiga tipe terumbu karang yaitu karang tepi yang berda didekat daratan, karang penghalang yang berada di sejajar garis tepi, dan karang cincin atau atol yang berada disekeeliling gunung berapi conntohnya di Taka Boneterate yang mempunyai luas terumbu karang, terumbu karang atol yang sangat luas dan menjadi luas terumbukarang atol ke-3 terbesar di dunia.
Terumbu karang merupakan sistem yang sangat penting bagi ekosistem yang ada dilaut. Namun, sekarang terumbu karang sudah banyak yang mati ini dikarenakan kerusakan-kerusakan yang alami dan buatan. Namun, pada saat ini kerusakan terumbu karang kebanyakan disebabkan oleh manusia (buatan) dan kerusakan terumbu karang yang disebabkan oleh ulah manusia, tergolong menjadi dua yaitu secara langsung dan tidak langsung, kerusakan secara langsung seperti penangkapan ikan dengan menggunakan bom, racun, penginjakan karang, dll, sedangkan kerusakan secara langsung seperti penggundulan hutan,pencemaran, dan pembuangan sampah di laut. Oleh karena itu dibutuhkan peran instansi-instansi terkait seperti COREMAP yang bertugas untuk melindungi, menjaga, dan mengembang biakan terumbu karang secara terpadu dan keberlanjutan. Di sini dibutuhkan juga peran masyarakat dan kita sebagai generasi muda sekarang untuk bekerja sama menjagan dan melindungi terumbu karang dengan memperhatikan asas keberlanjutan, agar di masa yang akan datang kita generasi muda bisa merasakan manfaat dari terumbu karang dan melestarikan untuk masa-masa yang akan datang agar anak dan cucu kita juga bisa merasakannya.
Oleh karena itu “Mari Bekerja Sama Menyelamatkan Terumbu Karang, Sekarang”.........!!!!!
“Kalau bukan sekarang kapan lagi, Kalau bukan kitorang siapa lagi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar