Kamis, 04 November 2010

PENDAHULUAN


Latar belakang
Indonesia dengan wilayah lautnya yang sangat luas, jumlah pulaunya yang mencapai sekitar 17.508 dan diperkirakan luas terumbu karangnya sekitar  75.000 km2. 
Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat penting bagi organisme lainnya di laut.
Bertambahnya nilai ekonomis dan kebutuhan masyarakat akan sumberdaya yang ada di terumbu karang seperti ikan, udang lobster, teripang dan lain- lain.
Untuk menyelamatkan ekosistem terumbu karang maka perlu dilakukan pendekatan kawasan konservasi laut yang berfungsi  untuk memlihara sumber induk agar jumlah dan ukurannya bisa meningkat sehingga produksi benihnya dari hasil spawning (pemijahan) akan lebih baik dan melimpah.
Metode transplantasi karang merupakan salah satu cara untuk merehabilitasi ekositem terumbu karang dan melalui penelitian ini di pulau Mansinam akan diterapkan.
Pulau Mansinam merupakan salah  satu pulau di Manokwari yang terkenal sebagai pulau peradaban bagi masyarakat Papua, karena pulau Mansinam dikenal sebagai pulau pertama masuknya injil di tanah Papua.

Perumusan Masalah
Kurangnya Kesadaran Masyarakat akan pentingnya kebersihan pantai untuk kelestarian ekosisem terumbu karang.
Susahnya mengubah perilaku masyarakat secara khusus yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dari Pemanen menjadi Pembudidaya terhadap pemanfaatan sumberdaya alam yang dimiliki oleh daerah supaya dapat bertahan untuk masa depan.
Pulau Mansinam yang menjadi salah satu pulau wisata di Manokwari, namun tidak mendapat perhatian dari masyarakat dan pemerintah setempat untuk melestarikan ekosistem terumbu karangnya.
Metode transplantasi merupakan salah satu cara untuk merehabilitasi atau memperbaiki ekosistem terumbu karang yang telah rusak.
Tujuan Penelitian
Mengetahui kondisi karang secara umum di Manokwari khususnya   di Pulau Mansinam.
Memberi pemahaman kepada masyarakat tentang fungsi dari  ekosistem terumbu karang dan pemanfaatannya dengan memperhatikan asas keberlanjutan.       
Menjadikan pulau Mansinam sebagai salah satu pulau wisata bahari di kota Manokwari.
Menjadikan metode transplantasi karang sebagai sarana  untuk merehabilitasi ekosistem terumbu karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar