Kamis, 04 November 2010

PENUTUP

Kesimpulan Dan Saran

Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpilkan beberapa hal yaitu :
1. Kondisi lingkungan tempat dilakukan transplantasi karang sangat mendukung dalam keberlangsungan hidup karang karena semuanya masih dalam kondisi yang dapat ditoleran oleh karang untuk bertumbuh dengan baik.
2. Tingkat ketahanan hidup karang semuanya dalam kondisi yang baik yakni berkisar antara 87% - 100%, dimana karang spesies Acrophora digitifera mencapai 100% ini berarti bahwa jenis karang ini dapat bertahan hidup sangat baik pada perairan tempat dilakukan transplantasi karena koloni karangnya besar begitupun untuk spesies Acrophora loisetteae mampu bertahan hidup pada kondisi lingkungan tempat dilakukannya transplantasi.
3. Jumlah percabangan/tunas pada spesies karang Acrophora digitifera yaitu 8 cabang/tunas apada stasiun I dan 4 cabang atau tunas pada stasiun II dengan panjang cabang atau tunas berkisar antara 1,5 – 2,5 cm sedangkan Acrophora loisetteae sebanyak 3 cabang/tunas pada stasiun I dan 6 cabang/tunas pada stasiun II dengan panjang cabang/tunas berkisar antara 3,5 – 5 cm.
4. Pertambahan panjang karang untuk spesie Acrophora digitifera pada pengamatan 2 minggu pertama berkisar antara 5,7 – 6 cm sedangkan pada pengamatan 2 minggu ke dua berkisar antara 6,5 – 7,5 cm. untuk spesies karang Acrophora loisetteae berkisar antara 6,8 cm pada pengamatan 2 minggu pertama sedangkan pada pengamatan 2 minggu kedua berkisar antara 8,5 – 10 cm.
5. Strategi pengelolaan yang akan dilakukan di pulau mansinam berdasarkan permasalahan yang ditemukan di lokasi secara garis besar adalah sebagai berikut :
a. Memberdayakan masyarakat pesisir yang secara langsung bergantung pada pengelolaan terumbu karang.
b. Mengurangi laku degradasi kondisi terumbu karang yang ada saat ini.
c. Mengelola terumbu karang berdasarkan karakteristik ekosistem, potensi, pemanfaatan dan status hukumnya.
6. Berdasarkan hasil temuan dilokasi penelitian masyarakat tentang ekosistem terumbu karang baik, namun kurang sadar melakukan usaha penyalamatan ekosistem terumbu karang, oleh karena itu sangat perlu untuk diadakan penyuluhan tentang pentingnya peranan ekosistem terumbu karang didalam perairan laut.

Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan :
1. Untuk mendapatkan hasil transplantasi karang yang maksimal maka perlu dilakukan penelitian selanjutnya.
2. Transplantasi karang merupakan salah satu cara untuk merahabilitasi ekosistem karang yang telah     mengalami degradasi, oleh karena itu perlu adanya kerjasama dengan pihak/instansi terkait dan juga masyarakat setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar